Membaca pertanyaan diatas membuat saya teringat dengan salah satu dosen saya yang mengenalkan google docs pertama kali bagi saya. Mungkin sebenarnya google docs sudah banyak dikenali, namun belum banyak yang memanfaatkannya dengan baik. Waktu itu, beliau mengajar saya di beberapa mata kuliah seperti matematika teknik 1, matematika teknik 2, praktikum pengukuran listrik, praktikum desain dan instalasi tenaga listrik, probabilitas statistika, serta pengantar teknik lingkungan. Selama beliau mengajar, beliau selalu menyarankan untuk tidak menggunakan software bajakan, selain itu tindakan ilegal, tindakan seperti itu juga menimbulkan dosa, kata beliau. Sehingga sebisa mungkin beliau mencari software yang bisa diakses oleh banyak orang dan bersifat gratis. Dari beliau saya semakin tertarik dengan fasilitas yang telah disediakan google, namun belum saya manfaatkan dengan baik, seperti google docs, google sheet, google keep, google slide, dan masih banyak lagi.

Oke kembali lagi ke topik, Mengapa masih banyak orang menggunakan MS Word, padahal sudah ada Google Docs yang bagus dan gratis? kalau menurut saya ada beberapa alasan, seperti :

  1. Belum mengenal fasilitas yang telah disediakan google
  2. Perlu adanya koneksi internet
  3. Tidak tertarik untuk mencoba hal baru

Sebagai seorang yang sebelumnya pengguna setia ms word, berkat pencerahan dari dosen saya tersebut, perlahan saya mulai beralih menggunakan google docs. Dan benar, menurut saya google docs memiliki fitur yang cukup lengkap, dan mudah untuk dioperasikan, sehingga saya merasakan kenyamanan menggunakan google docs. Beberapa kelebihan google docs menurut pengalaman saya yakni :

  • Tidak perlu save berulang kali, selama terhubung dengan internet

Jika di ms word kita harus berulang kali klik tombol save, agar perubahan pada dokume bisa tersimpan dengan baik. Maka di google docs kita tidak perlu lagi save dokumen berkali-kali, karena pada google docs setiap perubahan kata bahkan perubahan setiap huruf akan tersimpan secara otomatis dan real time, selama terhubung dengan internet.

Sebenarnya di google docs juga menyediakan fitur offline, dimana kita tetap bisa menggunakan google docs walaupun tidak terhubung dengan internet, yang mana perubahan akan tersimpan di perangkat dan perubahan akan otomatis tersimpan di drive jika telah terhubung dengan internet.

  • Minimalisir typo dalam mengetik

Pada google docs, jika kita mengetikkan kata yang kurang tepat atau typo, maka google docs akan memberi garis merah pada kata tersebut. Kemudian apabila kata tersebut di klik, maka akan muncul saran dari google docs untuk memperbaiki kata yang mungkin typo. Sehingga akan meminimalisir kita dalam mengetik suatu dokumen.

  • Bisa mengerjakan suatu dokumen dengan beberapa orang secara bersamaan

Ini salah satu kelebihan google docs yang paling saya sukai, bisa mengerjakan satu dokumen dengan partner, secara bersamaan, di tempat yang berbeda. Jadi semisal, saya ada di kosan dan partner saya ada dirumahnya. Kita mau mengerjakan suatu proposal, misal dia mengerjakan bab 1 dan saya mengerjakan bab 2, nah ini bisa dilakukan secara paralel dan perubahannya juga real time. Sehingga saya bisa melihat apa yang partner saya ketikkan dan sebaliknya, partner saya bisa tau perubahan apa yang saya lakukan pada dokumen tersebut.

Dari gambar diatas bisa dilihat kalau pada dokumen tersebut terdapat 2 kursor, yang atas adalah kursor saya, dan kursor bawah adalah kursor partner saya dengan nama akun nabil nabila.

  • Membandingkan 2 dokumen yang mirip

Di google docs kita dapat membandingkan 2 dokumen yang mirip. Sehingga dapat memudahkan kita dalam melihat perbedaan dari kedua dokume tersebut. Hasilnya seperti gambar dibawah

  • Kembali ke versi lama

Jadi di google docs ini, setiap perubahan itu akan tersimpan. Dan kita dapat mengembalikan dokumen menjadi versi sebelumnya.

Dari gambar diatas sebelah pojok kiri tertera tanggal terakhir dokumen di edit pada tanggal 7 juni pukul 20.12. Dan di sebelah kanan terdapat versi dokumen di setiap perubahan. Sehingga kita bisa mengembalikan dokumen ke versi terdahulu, bahkan mengembalikan dokumen tersebut setelah berhari-hari.

Mungkin itu kelebihan google docs yang saya rasakan. Mungki juga bisa membantu teman-teman untuk lebih mengenal google docs.


Baca Juga