Untuk menciptakan fokus bekerja, tentu otak memerlukan asupan energi untuk memroses pemikiran pemikiran yang berjalan. Nah energi ini yang bisa digunakan hanyalah glukosa.

Meskipun keton dari lemak juga bisa digunakan, tetapi keton bersifat toksik bagi otak. Selain itu, dari energi yang dihasilkan, keton memberikan ATP yang lebih rendah dibandingkan glukosa. Glukosa dapat menghasilkan ATP sekitar 34 - 36 ATP. Glukosa adalah satu - satunya zat dengan energi tinggi yang bisa melewati sawar darah otak / blood brain barrier. Ingat, tidak semua zat yang bisa masuk ke dalam otak.

Otak mengonsumsi 120 gram glukosa setiap harinya yang seiring degan 420 kcal atau 1760kJ, dan juga setara dengan 60% dari total penggunaan glukosa di seluruh tubuh. Sehingga glukosa lebih banyak dialokasikan pada otak dibandingkan organ lainnnya. Wajar juga karena otak adalah kontrol dari semua organ di tubuh.

Namun, semua pekerjaan pada dasarnya juga membutuhkan glukosa agar bisa kuat dan lebih tahan lama dalam bekerja. Tapi saya rasa jawaban saya cukup simpel. Karena hanya glukosa yang diterima otak, dan bisa melewati Blood Brain Barrier / sawar darah otak.



Baca Juga