Sebenarnya  enak atau tidak enak itu relatif.

Kebiasaan dari kecil sangat berpengaruh, karena sejak kecil kita beranggapan makanan enak itu seperti McDi, Kaefce, Burger dll.

Padahal itu makanan Junk Food karena memiliki kandungan lemak, garam, gula dan msg yang sangat tinggi.

Lidah kita juga sudah terbiasa memakan jajanan pasar seperti gorengan yang minyaknya banjir dan hitam kaya comberan.

Makanan sehat juga memiliki cara yg berbeda dalam cooking method dan juga komposisi dengan makanan biasa.

Sebagai contoh adalah Salad Sayur :

  1. Sayur nya sama sekali tidak di masak, karena untuk menjaga vitamin dan kandungan gizi.
  2. Penggunaan Garam, Gula dan Merica yg jumlahnya sedikit, karena rasa asin, manis atau gurih itu bisa diganti oleh Mayonaise atau Keju Parmesan.
  3. Daging atau Ayam biasanya di panggang, di rebus kalaupun di grilled atau di pan menggunakan olive oil yg memiliki kadar lemak yang rendah dibandingkan minyak kelapa.
  4. Tidak menggunakan MSG atau micin.

Seperti yang sudah disampaikan Enak dan tidak enak itu relatif, pertama, tergantung pada suasana hati yang makan dan yang memasak.

Kedua, masalah kebiasaan juga mempengaruhi, perlahan-lahan kurangi gula dan garam, dan hapuskan micin dari masakan, seiring waktu lidah akan terbiasa, dan kita akan tetap bahagia dengan makan makanan sehat yang sangat sederhana sekalipun.

Ketiga, adalah mind set, jika sebelum makan kita sudah berpikir bahwa katanya ini makanan sehat dengan komposisi ini dan itu, dls., nya, tidak mengandung ini dan juga itu, pasti makanan ini tidak enak, maka yang terjadi kemudian adalah makanan sehat itu tidak enak. Terimakasih.

 

Baca Juga