Menguyah permen karet tentu sangat menyenangkan. Selain karena rasanya manis kita juga bisa membuat balon yang cukup besar. Namun apa yang terjadi jika kita tidak sengaja menelannya? Apakah benar permen karet akan berada di tubuh kita dalam waktu yang lama?

Pertama mari kita berkenalan bahan apa saja yang terdapat di permen kaaret. Secara umum komposisi dari permen karet terdiri dari getah karet, gliserol, lesitin, pemanis, pewarna dan penyedap rasa

Permen karet yang beredar saat ini biasanya terbuat dari dari natural polymer atau sintetik polymer. Namun yang paling sering adalah karet butyl.

Itu adalah bahan yang sama untuk membuat kertas, bensin dan ban mobil. Tapi tenang tenang bahan butyl dalam permen karet tidak akan membuat berakhir di rumah sakit.

Setelah permen karet masuk kedalam lambungmu. Permen karet akan tetap utuh. Karena asam lambung mu tidak bisa untuk mengurai karet butyl yang ada di permen karet. Namun bukan berarti permen karet akan tetap disitu dalam waktu yang lama.

Tubuh telah beradaptasi untuk menangani makanan yang tidak bisa dicerna sepenuhnya. Permen karet tersebut akan terus bergerak sampai akhirnya dia keluar bersamaan dengan feces.

Namun bukan berarti kamu bisa menelan semua permen karet yang kamu makan. Semakin banyak permen karet yang kamu telan, maka akan menyumbat dari system percernaan mu sendiri, yang akan menyebabkan penyumbatan usus dimana akan memicu sakit di perut dan sembelit. Dan hal tersebut biasa disebut dengan BEZOAR. Dan jika kamu telah telanjur mengalalmi penyumbatan dokter pun harus mengambil tindakan operasi dan mengambil permen karet tersebut satu persatu.



Baca Juga