Saya sebagai desainer sangat bergantung dengan 2 aplikasi ini untuk keperluan desain.

  1. Photoshop digunakan untuk membuat gambar yang berbasis piksel, sedangkan untuk gambar yang berbasis vektor, Illustrator lebih sesuai.
  2. Photoshop merupakan salah satunya yang biasa digunakan untuk mengedit berbagai macam foto dan gambar. Mulai dari Digital Imaging, Touch Up atau yang biasa kita kenal dengan Make Up, sampai pada membuat berbagai Media media Cetak, hingga Desain Website. semuanya bisa dilakukan di Photoshop. meskipun Photoshop itu bisa melakukan semua yang kita inginkan, sebenarnya dia dibuat khusus untuk mengedit foto dan gambar yang sudah jadi.
  3. Biasanya Illustrator ini digunakan oleh para Desainer Grafis untuk membuat berbagai Desain yang berhubungan dengan dunia percetakan. Karena dari awal, software ini memang menggunakan Mode Warna CMYK yang juga digunakan pada mesin-mesin Cetak dan Printing. Dengan Mode Warna CMYK, Adobe Illustrator dpat menghasilkan warna-warna yang sesuai dengan aturan pada warna-warna percetakan, sehingga dapat menjamin Desain yang kita cetak, warnanya tidak akan berubah dengan apa yang sudah ada di layar monitor komputer.
  4. biasanya photoshop saya gunakan untuk membuat mockup tampilan preview yang sudah saya buat desainnya di adobe illustrator.

untuk kelebihan dan kekurangan kenapa bisa saling berkaitan. berikut perbedaan dari kedua software ini :

untuk keperluan vector kita gunakan AI sedangkan Pixel Photoshop sehingga kedua aplikasi ini saling berkaitan untuk keperluan desain. misal buat poster kita buat layout di adobe illustrator sedangkan isi foto kita edit di photoshop

untuk artboards terlihat perbedaan nya dengan jelas. untuk adobe illustrator kita bisa buat banyak artboards sedangkan photoshop hanya 1.

karena adobe illustrator berbasis vector maka untuk mengedit gambar atau objek kita cukup selection objek tersebut sedangkan photoshop menggunakan area selection untuk mengedit gambar.

layers sebenernya saya sendiri juga agak males kalau harus menata layers ketika mendesain. but 2 aplikasi ini mempunyai susunan layers yang berbeda bisa di liat di gambar di atas.

dengan demikian kedua aplikasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan saling berkaitan sesuai kebutuhan desain yang kita buat

Terima kasih :)

sumber dari :

9 Cool Posters That Show The Differences Between Adobe Illustrator And Photoshop

 


Baca Juga