“Changes that seem small and unimportant at first will compound into remarkable results if you’re willing to stick with them for years.” — James Clear, Atomic Habits

 

Untuk mencapai tujuan Anda, Anda membutuhkan sistem. Anda perlu membangun kebiasaan dan Anda harus bertahan cukup lama untuk membiarkannya melakukan keajaiban. Anda mendengarnya berulang kali karena itu benar.

Pada tahun 2019, salah satu buku paling populer adalah Atomic Habits, oleh James Clear. Ini adalah panduan praktis untuk menghentikan kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan baik. Penulis menjelaskan dengan jelas mengapa kebiasaan kecil sehari-hari menghasilkan kesuksesan besar.

Jika Anda belum membaca bukunya, pastikan Anda sudah membacanya. Tapi jangan hanya membacanya. Terapkan semua yang Anda pelajari darinya. Sampai Anda melakukannya, berikut 9 kebiasaan mikro yang dapat meningkatkan hidup Anda.
 

1. Tunda Reaksi Anda

Saya tahu, saya tahu, ini adalah dunia yang bergerak cepat. Namun bukan berarti kita harus merespon semuanya dengan cepat. Belajar untuk mengatakan "Saya akan memberi tahu Anda nanti", "Saya akan menghubungi Anda kembali tentang ini", dan frasa serupa lainnya.

Daripada mengatakan ya untuk sebuah tawaran hanya untuk menyadari nanti bahwa itu tidak sesuai dengan jadwal Anda, lebih baik luangkan beberapa menit untuk memikirkannya.

Ini akan menghemat banyak waktu dan kekecewaan dalam jangka panjang.
 

2. Dorong Diri Anda untuk Menyelesaikan Tugas Saat Anda Tidak Merasa Menyukainya

Setiap hari, pilih tugas kecil yang tidak ingin Anda lakukan, lalu lanjutkan dan selesaikan. Dari mencuci piring hingga merapikan tempat tidur dan dari berlari hingga membuat makan malam alih-alih memesan makanan. Bisa apa saja.

Setelah melakukan ini selama beberapa hari, Anda akan menyadari masalahnya bukanlah tugas itu sendiri. Itu kebiasaan Anda untuk menunda sesuatu. Rasanya nyaman, terutama saat Anda punya pilihan. Namun sering kali, begitu Anda membuat langkah pertama, Anda membuat diri Anda bersemangat dan menyelesaikan pekerjaan.

Setelah Anda menghabiskan beberapa hari untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil, lakukan lompatan ke tugas yang lebih besar.
 

3. Habiskan Satu Hari Jauh Dari Media Sosial

Ada hari-hari ketika telepon saya adalah perpanjangan tangan saya. Saya akan mengambilnya tanpa alasan dan kemudian menggulir di media sosial selama 30 menit tanpa menyadarinya. Dan saya bahkan tidak terlalu paham tentang platform media sosial. Saya tidak pernah memposting apa pun di Facebook dan memiliki sekitar 200 pengikut di Instagram, yang saya spam dengan foto-foto perjalanan saya dari waktu ke waktu.

Tapi saya tidak bisa menyerah untuk selamanya, saya juga tidak mau. Facebook adalah cara yang bagus untuk mencari tahu tentang acara lokal, dan Instagram adalah sumber inspirasi yang bagus untuk tulisan saya. Tetapi semua ini berguna jika saya menggunakan platform secukupnya.

Jadi, alih-alih menghapus aplikasi dari ponsel saya, saya telah memutuskan bahwa saya tidak akan menggunakannya pada hari Minggu. Dan saya melakukannya. Setelah empat minggu, saya mengurangi waktu pemakaian perangkat secara drastis dan bahkan menyetel batas 1 jam untuk aplikasi sosial.

Jadi jika Anda juga kesulitan dengan ini, mulailah dari yang kecil. Habiskan satu hari jauh dari media sosial atau jangan hubungkan ponsel Anda ke wifi sama sekali. Setelah Anda menyadari bahwa Anda tidak melewatkan apa pun, dengan offline selama satu hari, Anda secara sadar memilih untuk menghabiskan lebih sedikit waktu online, setiap hari.
 

4. Siapkan Hari Berikutnya Malam Sebelumnya

Pilih pakaian Anda dan taruh semuanya di tas Anda (pria mungkin tidak mengerti ini, tetapi kebanyakan wanita memiliki daftar panjang barang yang mereka butuhkan di tas sehari-hari).

Tulis daftar yang harus dilakukan dan periksa kalender Anda untuk melihat apakah Anda menjadwalkan rapat atau panggilan. Lakukan apa pun yang Anda bisa untuk membuat hari berikutnya lebih mudah.

Jika Anda punya rencana, Anda bisa menyelesaikan banyak hal dengan lebih cepat. Tidak ada sihir yang terlibat, itu logika murni.


Baca Juga