Siapa yang tak mengenal kopi, hampir seluruh dunia mengenal apa itu kopi. Disini adenalfi akan mengulasnya dari awal hingga dengan banyak sekali manfaat kopi bagi badan kita.

Kopi yaitu sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji flora kopi yang dikeringkan lalu dihaluskan menjadi bubuk.

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: ﻗﻬﻮﺓ qahwah yang berarti kekuatan, alasannya pada awalnya kopi dipakai sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan lalu berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. [butuh rujukan] Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal ketika ini.

Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.
Kopi populer akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari flora kopi dan mempunyai rasa yang pahit.
Berbagai dampak kesehatan dari kopi. Pada umumnya terkait dengan kegiatan kafein di dalam tubuh. [butuh rujukan] Peranan utama kafein ini di dalam badan yaitu meningkatan kerja psikomotor sehingga badan tetap terjaga dan menunjukkan dampak fisiologis berupa peningkatan energi.
Efeknya ini biasanya gres akan terlihat beberapa jam lalu sehabis mengonsumsi kopi.

Batas kondusif konsumsi kafein yang masuk ke dalam badan perharinya yaitu 100-150 mg. Dengan jumlah ini, badan sudah mengalami peningkatan kegiatan yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga.

Kandungan kafein dalam banyak sekali sumber minuman


Sumber Kandungan Kafein
Secangkir kopi85 mg
Secangkir teh 35 mg
Minuman berkarbonasi35 mg
Minuman berenergi50 mg
Jenis KopiKadar
Kopi instan 2,8 - 5,0%
Kopi moka 1,00%
Kopi robusta 1,48%
Kopi arabika 1.10 %


 

Manfaat kopi bagi tubuh

  1. Antioksidan
Kopi diketahui banyak mengandung antioksidan yang sering dipercaya dalam mengembalikan energi badan dan merasa lebih segar.


  2. Menjaga Kondisi Hati
Kopi diketahui mempunyai sifat baik untuk menjaga kondisi hati, terutama bagi orang-orang yang sering minum alkohol.


  3. Mengusir Stres
Orang yang minum kopi setiap hari sering menyampaikan bahwa hanya dengan mencium aroma kopi, sanggup meringankan beban mereka dari stres dan ketegangan.


  4. Mengurangi Risiko Kanker
Kopi dipercaya sanggup membantu mengurangi risiko kanker (baik itu kanker kulit ataupun kanker prostat). Meski belum ada jaminan bahwa hal itu telah terbukti, namun tidak ada salahnya menikmati secangkir kopi setiap hari.


  5. Mengurangi Risiko Diabetes dan Parkinson
Minuman Kopi dikenal mempunyai manfaat untuk mengurangi faktor risiko terhadap penyakit diabetes dan Parkinson.

 
Demikian ulasan dari kami dan supaya banyak manfaatnya.


Baca Juga